Kamis, 06 Desember 2012

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru (PKG)



Beberapa hari yang lalu tepatnya mulai dari tanggal 29 Nopember sampai 4 Desember 2012, civitas akademika IAIN STS Jambi khususnya yang dipercaya untuk menjadi panitia pelaksana Peningkatan Kompetensi Guru begitu sibuknya mempersiapkan segala hal yang terkait dengan pelaksanaan PKG tahun 2012 ini. Pelaksanaan PKG yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam ini dikhususkan bagi guru-guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam di berbagai sekolah umum di seluruh Indonesia. Meskipun tentunya tidak semua guru PAI dapat terjaring dan mengikuti kegiatan PKG ini, namun setidaknya secara bertahap pemerintah melalui instansi terkait berupaya untuk memberikan pelatihan dan pembekalan dalam bentuk kegiatan PKG ini.

Kegiatan PKG PAI pada sekolah ini juga sekaligus menjadi jawaban dari rumor yang selama ini berkembang di kalangan para pendidik, bahwa guru-guru umum lainnya yang berada dibawah naungan kemendiknas sering sering kali melakukan pelatihan sejenis PKG ini, dan inilah saatnya guru PAI juga merasakan hal tersebut. Secara pribadi saya menilai bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi para pendidik khususnya guru PAI yang ada di seluruh tanah air.

Dalam buku pedoman teknis pelaksanaan PKG PAI pada sekolah tahun 2012 ini disebutkan bahwa yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan PKG ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan skill Guru Pendidikan Agama Islam dalam konteks pelaksanaan pembelajaran sehingga memiliki kemampuan dan komitmen tinggi dalam penyelenggaraan PAI di sekolah.
  • Meningkatkan kemampuan dan wawasan guru terhadap content/materi sehingga memiliki kedalaman pemahaman dan mampu mengembangkan content/materi pendidikan agama Islam.
  • Meningkatkan kemampuan GPAI dalam menciptakan budaya sekolah (kultur sekolah) yang kondusif  bagi terbinanya kemampuan peserta didik yang dapat mengintegrasikan agama, baik dalam hal pemahaman, penghayatan maupun perilaku sehari-hari.

Sedangkan target yang ingin dicapai dari pelaksanaan PKG PAI pada sekolah tahun 2012 ini yaitu agar para guru PAI yang ada di berbagai sekolah umum mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mampu merancang dan mengembangkan bahan ajar pembelajaran PAI yang kontekstual.
  • Mampu melakukan inovasi pembelajaran PAI melalui penerapan pembelajaran PAIKEM.
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran PAI melalui TIK.
  • Mampu merencanakan dan mengimplementasikan evaluasi pembelajaran PAI (pengembangan penilaian afektif-psikomotorik).
  • Memahami dan mengimplementasikan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK).

Semoga kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus dilaksanakan, sehingga secara perlahan para guru PAI dapat meningkatkan kompetensi dirinya sebagai guru PAI. Berupaya terus mengembangkan potensi diri dan mengembangkan wawasan adalah salah satu hal yang akan membuat pendidikan di negara kita ini semakin maju dan berkembang menuju arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih pada pengunjung dan silahkan tinggalkan komentar disini.... :)