Selasa, 17 Januari 2012

Sejarah Pendidikan Islam

Kata pendidikan ternyata juga dilekatkan kepada Islam, hal ini telah didefinisikan secara berbeda-beda oleh berbagai kalangan, yang banyak dipengaruhi pandangan dunia masing-masing. Bahwa pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi muda untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien.

Pendidikan lebih dari pada sekedar pengajaran; yang terakhir ini dapat dikatakan sebagai suatu proses transfer ilmu belaka, bukan transformasi nilai dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek yang dicakupnya.

Pengertian pendidikan adalah sekaligus pendidikan iman dan pendidkan amal. Dan karena ajaran Islam berisi ajaran tentang sikap dan tingkah laku pribadi  masyarakat, menuju kesejahteraan hidup perorangan dan bersama, maka pendidikan Islam adalah pendidikan individu dan pendidikan masyarakat (Zakiah, 1992:28).

Sementara M. Yusuf al-Qardhawi  dalam Azyumardi Azra (2000:9)  memberikan pengertian bahwa; “Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya; akal dan hatinya; rohani dan jasmaninya; akhlak dan ketrampilannya. Karena itu, pendidikan Islam menyiapkan manusia untuk hidup baik dalam keadaan damai maupun perang dan menyiapkannya untuk menghadapi masyarakat dengan segala kebaikan dan kejahatannya manis dan pahitnya.

Sedangkan kata sejarah dalam bahasa Arab disebut tarih yang menurut bahasa berarti ketentuan masa. Sedang menurut istilah berarti “keterangan yang telah terjadi di kalangannya pada masa yang telah lampau atau pada masa yang masioh ada”. Kata tarih juga dipakai dalam arti perhitungan tahunseperti keterangan mengenai tahun sebelum atau sesudah Masehi dipakai sebutan sebelum atau sesudah tarih Masehi.
Dengan demikian sejarah pendidikan Islam dapat diberikan makna sebagai suatu peristiwa dari aktivitas manusia dalam usahanya membentuk kepribadian pada masa lampau lalu bersifat obyektif dan vertivikatif serta diceritakan kembali secara sistematis (Khaerul Wahidin,1997:2).

Melihat dari pengertian yang ada bahwa sejarah merupakan  kejadian atau peristiwa masa lalu yang dapat diceritakam kembali dengan berbagai penelitian dan penyelidikan secara menyeluruh dan dapat diceritakan kembali.

Sementara itu membicarakan sejarah pendidikan Islam, Mahmud Yunus (1979:10), Sejarah pendidikan Islam dimulai sejak agama Islam masuknya ke Indonesia, yaitu kira-kira pada abad kedua belas Masehi. Umunya ahli sejarah mempastikan masuk Islam ke daerah Aceh itu dengan perjalanan Marco Polo. Dalam perjalananya Pulang dari Tiongkok, ia singgah di Aceh pada tahun 1292 Masehi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih pada pengunjung dan silahkan tinggalkan komentar disini.... :)