Selasa, 17 Januari 2012

Filsafat Yunani Kuno

Sejarah Muncul dan Berkembangnya

Jaman Yunani adalah tempat persemaian dimana pemikiran ilmiah mulai tumbuh. Filsafat sendiri lahir di Yunani pada abad ke-6 SM. Harus diketahui bahwa munculnya filsafat dan ilmu pengetahuan di Yunani tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan Yunani. Adapun sejarah timbulnya filsafat ada beberapa faktor diantaranya menurut K. Bertens (1988:13) adalah ; “filsafat muncul karena untuk mencari kebijaksanaan yang sesuai dengan nama “filsafat” dan “filsuf” yang berasal dari kata-kata Yunani “philosophia dan philosophos”, menurut bentuk kata seorang. Philo-sophos senang “pencinta kebijaksanaan”. Nama filsuf (philosophos) untuk pertama kalinya dalam sejarah dipergunakan oleh Phytagoras (abad ke-6 SM).

Sedangkan Ahmad Tafsir (1990:12) yang mendorong timbulnya filsafat pertama; adanya dongeng dan tahayul dimana orang-orang ada yang tidak percaya begitu saja. Ia kritis, ingin mengetahui kebenaran dongeng itu. Dari situ timbul filsafat. Kedua, keindahan alam besar, terutama ketika malam hari, menimbulkan keinginan kepada orang Greek tempo hari untuk mengetahui rahasia alam itu, keinginan untuk mengetahui rahasia alam berupa rumusan-rumusan pertanyaan, ini menimbulkan filsafat.

Beerling mengatakan bahwa orang Yunani mula-mula sekali berfilsafat di Barat mengatakan bahwa filsafat timbul karena ketakjuban-ketakjuban menyaksikan keindahan alam semesta ini. Lantas menimbulkan keinginan mengetahuinya. Sikap heran atau takjub itu akan lahir dalam bentuk bertanya. Pertanyaan itu memerlukan jawaban. Bila pemikir menemukan jawaban-jawaban itu dipertanyakan lagi karena ia selalu sangsi kepada kebenaran yang ditemukannya. Patrich mengatakan, manakala kebenaran mereka menjadi serius dan penyelidikan sistematis, mereka menjadi filosof.

Jadi, rasa ingin tahu itulah pada dasarnya penyebab timbulnya filsafat. Ingin tahu ini dahulunya disebabkan oleh dongeng dan keheranan pada kebesaran alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih pada pengunjung dan silahkan tinggalkan komentar disini.... :)